Follow us on

5 (lima) Alasan Memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

28 Agustus 2016
06:15:58 WIB

SMK merupakan kependekkan dari Sekolah Menengah Kejuruan. SMK merupakan salah satu jenjang pendidikan menengah yang bertujuan mempersiapkan lulusannya bisa langsung bekerja. Hal ini sesuai dengan isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 pasal 3 mengenai tujuan pendidikan nasional dan penjelasan pasal 15 yang menjelaskan tentang pendidikan kejuruan adalah pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja di bidang tertentu.

Pendidikan kejuruan merupakan bagian dari sistem pendidikan yang mempersiapkan lulusannya memiliki bekal yang cukup guna bekerja di perusahaan serta menguasai satu bidang pekerjaan dari sekin banyak bidang pekerjaan lainnya. Karena saat masih menimba ilmu di SMK, lulusannya mendalami setiap bidang studi atau pendidikan kejuruan yang mengarah siap pakai ketika memasuki dunia kerja.

Saat ini dan di masa-masa mendatang, jumlah lapangan kerja industri terbilang minim jumlahnya, sementara jumlah pengangguran lebih banyak. Dengan adanya SMK, tentu saja akan membuka lapangan kerja dengan jumlah SDM yang berpotensi semakin banyak jumlahnya. Esensinya, belajar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) siswa/siswi akan lebih terarah.

5 (lima) Alasan Memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

  1. Dari sekian banyak alasan memilih sekolah menengah kejuruan, berikut ini 5 (lima) alasan utama mengapa anak-anak perlu melanjutkan ke SMK selepas SMP. 
  2. Setiap siswa akan diberi bekal tentang ilmu pengetahuan khusus yang disesuaikan dengan minat serta kemampuan masing-masing siswa.
  3. Siswa akan didorong untuk memiliki bakat berwirausaha (memiliki jiwa enterpreneurship) atau kewirausahaan. Nantinya, setiap siswa SMK terbiasa memiliki etika serta etos kerja yang tinggi.
  4. Siswa SMK senantiasa dibekali landasan (basic) berupa pelatihan kerja atau biasa disebut dengan Pendidikan Sistem Ganda (PSG).
  5. Siswa akan diajarkan agar sanggup menentukan pilihan bidang ketrampilan dan keahlian yang harus dikembangkan.
  6. Lulusan SMK cepat memperoleh pekerjaan, karena banyak perusahaan yang menginginkan fresh graduate seperti lulusan SMK.

Pembaca, mahalnya biaya pendidikan di Indonesia, tentunya akan membuat orangtua berpikir tujuh keliling bagaimana mengakalinya. Dengan memilih SMK maka orangtua sudah bertindak dengan benar dan tujuan anaknnya akan mudah mencari pekerjaan sungguh tepat sasaran.

Membaca artikel 5 (lima) Alasan Memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini, apa perlu orangtua berpikir lama untuk memasukkan anak-anaknya melanjutkan pendidikan dengan memasuki sekolah menengah kejuruan?

 

Artikel Terkait
Share

97 Komentar

    sistem absensi karyawan 11 Maret 2019

    mantap sekali!sistem absensi karyawan

    aplikasi absensi karyawan 23 Maret 2019

    mantap!aplikasi absensi karyawan

    sistem presensi karyawan track lokasi 01 April 2019

    https://distroprogrammer.comsistem presensi karyawan track lokasi

    absensi karyawan android 01 April 2019

    https://distroprogrammer.comabsensi karyawan android

    Awal 123... 10

Form Komentar

Agenda

' Tugas-tugas yang diberikan kepada kita adalah amanah dari Allah Subhanahu ...'

' PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan ...'

Berita Terpopuler

Jakarta - Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas membahas
Kepada siswa-siswi SMK berprestasi seluruh

Video Terpopuler

Tangerang International Folklore Festival (TIFF) yang dilaksanakan di
Senam dan Jalan sehat ini bertempat di Lapangan Ahmad Yani, Kota

Facebook Fanpage